Home / Daerah / Nasional / News

Senin, 30 Agustus 2021 - 21:25 WIB

Balai Pelaksana Penyediaan Sumatera I Peringati HAPERNAS

REDAKSI - Penulis Berita

Bireuen – Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera I peringati Hari Perumahan Nasional ( HAPERNAS ) tahun 2021 di halaman Rumah Susun Universitas Islam Kebangsaan Indonesia ( UNIKI ) yang bertemakan Padat Karya Perumahan Pulihkan Ekonomi Rakyat.

” Tema ini merespon kondisi melemahnya perekonomian dunia akibat Pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir, Namun kegiatan padat karya perumahan masih tetap bergerak dan berkontribusi memulihkan kesehatan perekonomian rakyat, ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera I ” Teuku Faisal Riza “ dalam sambutannya pada peringatan Hari Perumahan Nasional (HAPERNAS) tahun 2021 di Bireuen, Senin (30/8/2021).

Serangkaian kegiatan Hapernas 2021 telah dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai-balai Pelaksana Penyediaan Perumahan yang berada di daerah dari Aceh hingga Papua.

Di Aceh, Acara Hapernas di pusatkan di Kabupaten Bireuen yang dilaksanakan dengan 3 (tiga) rangkaian kegiatan yaitu, Pelaksanaan acara Penanaman Pohon, Serah Terima Pengelolaan Rumah Susun dan Serah Terima Bantuan Swadaya.

Baca Juga :  Gelar Bimtek menjahit bagi Pelaku Usaha Pidie, Kadiskop UKM Aceh: Tingkatkan SDM Tangguh, Ekonomi utuh!

Kegiatan Penanaman Pohon mengangkat sub tema ” Rumah Asri, Keluarga Sehat, Pandemi Lewat “. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekdakab Bireuen, Anggota DPR RI, Rektor UNIKI dan Kepala Dinas Perkim dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Aceh.

“Kegiatan ini termotivasi dari keinginan kita bersama untuk dapat menjadikan rumah atau lingkungan yang asri sebagai katalisator dalam mempercepat penurunan laju COVID-19” ungkap Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera I.

Sebagai informasi, Hari Perumahan Nasional ( HAPERNAS ) dilatarbelakangi dari pelaksanaan Kongres Perumahan Rakyat Sehat yang dibuka oleh Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia Muhammad Hatta pada tanggal 25 – 30 Agustus 1950.

Dalam Kongres tersebut, Bung Hatta menyampaikan bahwa cita-cita untuk terselenggaranya kebutuhan perumahan rakyat bukan mustahil apabila kita mau sungguh-sungguh, bekerja keras semua pasti bisa, Kemudian pada tanggal 6 Agustus 2008 diterbitkan Keputusan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor 46/KPTS/M/2008 Tentang Hari Perumahan Nasional yang menyatakan tanggal 25 Agustus sebagai Hari Perumahan Nasional.

Baca Juga :  Kadisbudpar Aceh dan Pj Walkot Sabang Diskusi dengan Pelaku Perjalanan Pariwisata, Ini Isinya

Pada kegiatan peringatan Hapernas ini juga dilaksanakan kegiatan Serah Terima Pengelolaan Rumah Susun UNIKI, Serah Terima Rumah Susun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kepada pengelola dari Universitas Islam Kebangsaan Indonesia.

“Kami mengharapkan bangunan ini dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan dikelola dengan baik, ujar Teuku Faisal Riza.

Pada kesempatan peringatan Hapernas juga dilaksanakan kegiatan serah terima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dengan mitra kerja Komisi V DPR RI, Program ini diperuntukan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas rumah-rumah tidak layak huni menjadi layak huni.

Pada acara ini dilakukan seremonial serah terima dari perwakilan penerima bantuan dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Bireuen dengan total penerima BSPS di Kabupaten Bireuen adalah 7.239 penerima.

Share :

Baca Juga

Daerah

Sertifikasi Perawat Anestesi, Siloam Training Center Gandeng PP HIPANI

Daerah

YARA Minta Pj Bupati Pidie Percepat Proses Pabrik Semen Laweung

Nasional

Mayjen TNI Marinir Markos Resmi Jabat Aspotmar Kasal

News

Terkait Penangkapan Kasus Narkotika di Abdya, YARA Menilai Penyuluhan Narkoba Tidak Efektif

Daerah

Balon Keuchik Pango Raya Mulai Menyerahkan Berkas

Daerah

Antisipasi Tanah Longsor Susulan, TNI – Polri Di Maja Pasang Tiang Pancuh

Nasional

Kapolri Meninjau Pelaksanaan Operasi Ketupat Di Jawa Tengah

Daerah

Harga Pangan di Jawa Barat Relatif Terkendali