Home / News / Pendidikan

Selasa, 19 Oktober 2021 - 08:05 WIB

Disdik Aceh Gelar Lomba Aceh Marching Band Championship-VI Tahun 2021

REDAKSI - Penulis Berita

Banda Aceh – Dinas Pendidikan Aceh kembali menggelar Perlombaan Aceh Marching Band Championship (AMBC) ke VI yang memperebutkan Piala Bergilir Gubernur Aceh dan Piala Tetap Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tahun 2021 Tingkat Nasional yang berlangsung pada Sabtu (16 Oktober 2021) di Banda Aceh.

Acara yang digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan Live Youtube Dinas Pendidikan Aceh itu berpusat di Aula Gedung A Dinas Pendidikan Aceh. Pada kegiatan opening ceremony babak final dan closing ceremony dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Keistimewaan, Drs.Bukhari, MM mewakili Gubernur Aceh yang sedang menjalani perawatan di RSCM Jakarta serta para pejabat eselon III dan IV lingkup Dinas Pendidikan Aceh.

“Pemerintah Aceh sangat mengapresiasi terselenggaranya kejuaraan ini, dengan seluruh peserta AMBC dari seluruh Indonesia. Hanya saja karena saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, diselenggarakan secara daring dan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Drs. Bukhari, MM.

Menurut Bukhari, perlombaan AMBC-VI merupakan salah satu wahana untuk mendidik generasi muda menjadi pribadi yang pekerja keras, tegas dan disiplin yang berkarakter dalam mencapai prestasi ekstrakurikuler serta siap berkontribusi memajukan bangsa.

Meskipun masih dalam perawatan di RSCM Jakarta, Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT turut hadir menyaksikannya melalui virtual dengan video rekaman untuk mengapresiasi dan memberi semangat kepada panitia dan peserta pelaksanaan kegiatan AMBC-VI.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Alhudri, MM yang diwakili Kasubbag Program Informasi dan Humas, Barrul Walidin, SE pada penutupan kegiatan AMBC-VI menyebutkan pada tahun ini kegiatan AMBC-VI turut diikuti oleh perwakilan 11 provinsi, 20 kabupaten/kota se-Indonesia yang terdiri dari 12 team Divisi Junior, 14 team Divisi Remaja, 13 team Divisi Senior, dan 11 team Open/Umum. Dengan partisipasi keseluruhan mencapai 50 team/club se-Indonesia.

“AMBC ini merupakan ajang tahunan yang digelar sebagai wadah berekspresi, berkompetisi bagi para generasi milenial dalam menunjukkan kebolehannya melalui video dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Barrul Walidin menjelaskan adapun rangkaian kegiatan AMBC tahun ini memperlombakan mata lomba ensemble color guard, ensemble brass, ensemble percussion dan marching show band. Seluruh perlombaan tersebut dinilai oleh juri tingkat nasional.

Berikut Para Juara Umum Dalam Perlombaan AMBC-VI Tahun 2021 :

1. Juara Umum Tingkat Junior SD/MI :

Drum Band Sisingamangaraja Kota Medan – Sumut

2. Juara Umum Tingkat Remaja SMP/MTs :

Drum Corps Bahana Ceudah Meutuwah MTsN 1 Model Kota Banda Aceh – Aceh

3. Juara Umum Tingkat Senior SMA/SMK/MA :

Drum Corps Kelapa Gading SMAN 7 Kota Banda Aceh – Aceh

4. Juara Umum Tingkat OPEN :

Drum Corps PDBI Kota Banda Aceh – Aceh

Share :

Baca Juga

Internasional

Komitmen Kemanusiaan Negara Terhadap Pengungsi Internasional

Daerah

BIN Jateng Gandeng PWO Laksanakan Vaksinasi di Kota Magelang

Daerah

Terkait Pemberitaan Pungli, Oknum Kades Simpang Kirim Suruhan Untuk Ancam Wartawan

Nasional

Selamat Tinggal Obat Kuat! Coba Ganti dengan Ramuan Kuning Telur Bebek dan Gula, Efek Luar Biasa Siap Dirasakan saat di Ranjang

Daerah

Pembangunan Jalan Multiyears Gayo Lues ke Abdya Lampaui Target, Asisten Sekda Aceh Sampaikan Apresiasi

Nasional

Baitul Mal Banda Aceh Gandeng LinkAja Syariah, Jemput ZIS di 8 Lokasi

Daerah

Dinas Pendidikan Dayah Aceh Menganggarkan 500 Miliar Bantuan untuk Dayah Aceh

Daerah

Terkait Dugaan Penyimpangan Honor Surveilens, Penegak Hukum Bireuen Harus Turun Ke Puskesmas Plimbang