Home / Daerah / News / Tni-Polri

Rabu, 5 Januari 2022 - 19:55 WIB

Satgas Yonif RK 114/SM, Dengan Program  Gerakan Honai to Honai Merangkul Masyarakat Papua Di Zona Merah

REDAKSI - Penulis Berita

Papua – Deretan pegunungan tanpa jaringan seluler dan listrik, jalan setapak, kabut, rumah honai, itulah gambaran nyata distrik Mbua di pegunungan tengah Nduga bagian utara. Gambaran Distrik Mbua cukup mewakili distrik lain yang ada di Nduga bagian utara seperti distrik Dal, Yigi, Yal dan Mugi.

Dimana daerah tersebut merupakan wilayah penuagasan Prajurit TNI Satgas Yonif RK 114/SM dari Kodam Iskandar Muda Aceh sejak Juli 2021.

Wilayah ini masih dikategorikan zona merah bagi prajurit TNI sejak peristiwa Puncak Kabo Desember 2018. Terutama di tiga distrik bagian barat puncak kabo, sampai saat ini masyarakat yang mendiami Distrik Yigi, Yal dan Mugi masih mengungsi ke wilayah kabupaten Jaya Wijaya.

Baca Juga :  Peringati Maulid, Rumoh Tahfidz Dar El Ilmi Abdya Gelar Perlombaan Diantaranya Tahfidz Quran Juz 29 dan 30

Untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana keadaan, akifitas dan kehidupan masyarakat diwilayah penugasan, Satgas Yonif RK 114/SM membuat program yang diberi nama Honai to honai.

Mengunjungi honai masyarakat di setiap kampung secara bergilir dilaksanakan secara rutin dan terjadwal. Yang menjadi prioritas adalah honai yang terpisah dan yang dinilai jarang bersosialisasi dengan masyarakat dan personil TNI Pos satgas sebelumnya.

Tidak hanya berkunjung, dalam kegiatan honai to honai yang paling utama adalah melaksanakan komunikasi sosial dan kegiatan sosial lainnya.

Seperti pelaksanaan honai to honai Rabu 5 Januari 2022, di honai mama (honai perempuan) kampung Sinai. Personel Pos Mbua Satgas Yonif RK 114/SM membawa bahan makanan antara lain beras, mie instan, telur, gula, kopi dan makan ringan untuk dimasak dan makan bersama masyarakat honai yang berada sekitar wilayah tersebut.

Baca Juga :  Peringati Maulid, Rumoh Tahfidz Dar El Ilmi Abdya Gelar Perlombaan Diantaranya Tahfidz Quran Juz 29 dan 30

Ini bertujuan agar komunikasi sosial dapat terbentuk dalam suasana kebersamaan. Pada kesempatan yang sama dilaksankan pelayanan kesehatan dan pemberian bantuan sembako untuk masyarakat yang menempati honai.

Pada kesempatan itu juga hadir dan bergabung rombongan bapak-bapak dan anak anak dari honai wace (honai laki-laki) yang letaknya tidak jauh dari lokasi honai mama.(red*)

Share :

Baca Juga

Tni-Polri

Kasdim 0101/Kota Banda Aceh Hadiri Pembukaan Sosialisasi Jiwa Semangat Nilai-Nilai Juang 1945

Daerah

Panitia Siapkan Ratusan Becak, Andong Hingga Shuttle Bus Untuk Transportasi Tamu Resepsi Pernikahan Kaesang – Erina

Daerah

Pangdam IM Pelopori Budidaya Udang Vaname Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Tni-Polri

Kabid TIK Polda Aceh Pimpin Anev Mingguan Program Beyond Trust Presisi Secara Virtual

Daerah

Pangdam Laksanakan Peninjauan di Makesdam IX/Udayana dan Rumkit Tk. II Udayana

Tni-Polri

Sat Lantas Polres Bener Meriah bersihkan material batu dijalan akibat hujan deras

Tni-Polri

Kapolda Aceh, Wakapolda Aceh Dan PJU Polda Aceh Ikut Rapat Internal Anev Situasi Kamtibmas Terkini

Nasional

Jaksa Agung Resmi Buka Rakernas Kejaksaan 2022