Home / Daerah / News / Tni-Polri

Jumat, 14 Januari 2022 - 22:39 WIB

Pangdam IM Pelopori Budidaya Udang Vaname Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

REDAKSI - Penulis Berita

Aceh – Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Mohamad Hasan didampingi Ketua Persit KCK Daerah Iskandar Muda, Ny. Ririx Hasan, melakukan panen udang vaname di tambak percontohan Kodam Iskandar Muda di Desa Suak Keumudee, Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat, pada Kamis (13/1/2022).

Kedatangan Pangdam IM beserta rombongan didampingi Bupati Aceh Barat Ramli MS bersamaan dengan panen raya udang vaname binaan Kodim 0105/Aceh Barat.

Ada hal yang menarik, yang tak biasa dilakukan seorang pejabat, sang jenderal bintang dua ini mencoba untuk menjala udang di tambak yang tengah panen. Terlihat, sosok pemimpin yang di cintai rakyat ini tampak bersemangat saat menarik jala tersebut.

Pangdam IM saat diwawancara mengatakan, pantai barat selatan Aceh khususnya Aceh Barat berpotensi dalam pengembangan budidaya udang vaname, karena memiliki air yang bersih.

Baca Juga :  Peringati Maulid, Rumoh Tahfidz Dar El Ilmi Abdya Gelar Perlombaan Diantaranya Tahfidz Quran Juz 29 dan 30

Budidaya udang vaname binaan Kodim 0105/Abar dapat menjadi contoh kepada masyarakat pesisir pantai, bagaimana membudidaya udang yang baik dan benar sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

“Tambak udang vaname percontohan Kodam IM bisa mempelopori bagaimana memberikan contoh kepada masyarakat membudidaya udang vaname, dan hasilnya pun cukup lumayan dan tentunya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat nantinya,” kata Pangdam IM.

Pangdam IM melihat, motivasi masyarakat terkait budidaya udang vaname di Aceh Barat mulai tinggi dan bahkan banyak warga yang mau belajar tentang budidaya udang vaname di tambak binaan TNI ini.

Baca Juga :  Peringati Maulid, Rumoh Tahfidz Dar El Ilmi Abdya Gelar Perlombaan Diantaranya Tahfidz Quran Juz 29 dan 30

“Kami melihat sudah banyak yang belajar di sini bagaimana mengembangkan udang vaname. Dan ini yang kita manfaatkan lahan tidur yang dulunya terbengkalai akibat tsunami, kita coba untuk edukasi masyarakat supaya pemanfaatan lahan bisa menghasilkan ekonomi yang baik,” ujarnya.

Jenderal bintang dua ini meyakini bahwa masyarakat jika ingin mengembangkan tambak udang vaname akan dibantu oleh pemerintah.

“Termasuk Pangdam yang akan mempromosikan kepada Menteri KKP untuk bisa mengembangkan kawasan Aceh Barat sebagai kawasan udang vename,” pungkas Pangdam IM.

Selama kunjungannya ke jajaran Korem 012/TU, Pangdam IM bersama istri didampingi Asops Kasdam IM Kolonel Inf Riyanto, S.I.P. beserta istri dan Aspers Kasdam IM Kolonel Inf Muhamad Sjahroni, S.E. beserta istri. (im*)

Share :

Baca Juga

Daerah

Guncangan Gempa M7,4 Dirasakan Warga Wilayah Maluku Barat Daya

Daerah

PKS Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Aceh Timur

Daerah

Penjabat Gubernur – Menteri Perdagangan Cek Harga di Pasar Tagog Padalarang

Nasional

Gubernur Aceh Terima Kunjungan Direksi PT. PIM

Daerah

Setelah Dibangun Ulang, Lalu Lintas Cot Mane-Guhang Abdya Berjalan Lancar

Tni-Polri

Dirlantas Polda Aceh: Pelanggaran Lalu Lintas Terekam ETLE 24 Jam, Pengendara Roda Dua Wajib Pakai Helm Siang Malam

Tni-Polri

LSI: 86,1 Persen Responden Puas Atas Penanganan TPPO Oleh Polri

Tni-Polri

Pabung Mayor Inf Antoni Zen Dampingi Tim Wasgiatnister Pusterad Melakukan pemeriksaan Administrasi