Home / Daerah / News

Kamis, 20 Januari 2022 - 18:51 WIB

Gampong Bandar Bireuen Ditetapkan Sebagai Desa Sadar Kerukunan

REDAKSI - Penulis Berita

Aceh – Gampong Bandar Bireuen Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen terpilih menjadi Desa Sadar Kerukunan.

Hal tersebut sebagaimana tersebut dalam Surat Keputusan (SK) Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Aceh nomor: 434 tahun 2021 tentang penetapan desa sadar kerukunan Kanwil Kemenag Aceh tahun 2021, yang ditetapkan di Banda Aceh pada 8 September 2021.

Dua desa sadar kerukunan umat beragama lainnya yang juga disebut dalam SK tersebut adalah Desa Pertamina Kecamatan Rantau Kabupaten Tamiang, dan Desa Jontor Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam.

Adapun prosesi penetapan dan penyerahan SK tersebut digelar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bireuen di Gedung Serba Guna Gampong Bandar Bireuen, pada hari Kamis (20/1/2022).

Turut hadir pada acara tersebut Bupati Bireuen, Muzakkar A Gani, Kepala Kankemenag Bireuen, Zulkifli Idris, forkopimda Bireuen, Keuchiek Bandar Bireuen, sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama lintas agama.

Bireuen Bupati dalam sambutannya menyambut baik dan berterima kasih atas terpilihnya Desa Bandar, sekaligus mengapresiasi penetapan desa sadar kerukunan tersebut.

Menurutnya, ini merupakan kerja sama antara Kementerian Agama dan FKUB.

Muzakkar melanjutkan, desa sadar kerukunan merupakan wujud nyata kebersamaan yang diidam-idamkan untuk menciptakan kerukunan antar umat beragama, meningkatkan persaudaraan, dan menghilangkan potensi perpecahan.

“Dengan pencanangan desa sadar kerukunan ini diharapkan mampu mendorong pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, dan seluruh warga untuk senantiasa menjaga kerukunan yang sudah dijaga selama ini,” katanya.

Kepala Kankemenag Bireeun, Zulkifli Idris dalam sambutannya mengatakan bahwa kerukunan adalah modal utama dalam membangun bangsa. Kementerian Agama dalam hal ini sangat serius dalam mewujudkan moderasi beragama.

Zulkifli menambahkan, program desa sadar kerukunan merupakan program prioritas pemerintah yang digagas oleh Kementerian Agama RI berkerjasama dengan pemerintah daerah dan FKUB.

Sementara itu, ketua FKUB Bireuen Hamdani Nurdin menjelaskan bahwa tahun ini terpilih Gampong Bandar Bireuen sebagai salah satu desa sadar kerukunan setelah melalui verifikasi pihak Kanwil Kemenag Aceh atas proposal desa sadar hukum yang diterima dari FKUB kabupaten/ kota.

Lebih lanjut Hamdani menerangkan, bahwa karena memenuhi kriteria yang ditentukan yaitu adanya keberagamaan dan kemajemukan di tengah-tengah masyarakat.

Baik dari segi keyakinan beragama, latar belakang sosial, suku dan tingkat pendidikannya serta dapat berjalan secara harmonis, rukun dan damai tanpa terjadinya konflik dan pertentangan.

Setelah proses verifikasi, Gampong Bandar Bireuen akhir terpilih sebagai salah desa sadar kerukunan tahun 2021. Demikian Hamdani merincikan. (inp/dm)

Share :

Baca Juga

Nasional

Breaking News, Beredar Surat Keputusan Mendagri, Achmad Marzuki Resmi Jadi PJ Gubernur Aceh

Daerah

Ketua DPRK Nurdianto Desak Pihak RSUTP Abdya Segera Lunasi Insentif Jasa Medis Covid 19 Tahun 2021

News

PWI Aceh Miliki Koperasi “Tinta Emas”

Nasional

Presiden : Tidak Perlu Panik Hadapi Peningkatan COVID-19 Varian Omicron

Advertorial

S Ramadhan Jamil Sangat di Harapkan Menjadi Calon Wali Kota Langsa 2024

Daerah

Kerjasama Disdik dan Kejati Aceh, Jadikan SMK 2 Kota Langsa Tuan Rumah di Kegiatan JMS

Daerah

Terkait Limbah Medis Di Gilimanuk, I Made Ray Sukarya Meminta BPTD dan ASDP Mengambil Tindakan Tegas

News

Kejuaraan Grasstrack Aceh Championship 2021 di Sirkuit Permanen AMX Lamnyong