Home / Daerah / Tni-Polri

Sabtu, 12 Februari 2022 - 09:11 WIB

Pangdam IM Lantik 273 Putra Terbaik Jadi Sersan Dua TNI AD

REDAKSI - Penulis Berita

Aceh – Pengdam Iskandar Muda Mayor Jenderal TNI Mohamad Hasan secara resmi menutup pendidikan pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD tahun 2021 (OV) di lapangan Blangpadang, Kota Banda Aceh, pada Jumat (11/2/2022).

Adapun yang bertindak sebagai komandan upacara yakni Letkol Inf Wijayanto Kusumo Harjono, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Sekolah calon Bintara Resimen Induk Kodam Iskandar Muda (Dansecaba Rindam IM).

Pada upacara penutupan tersebut, Pangdam IM melantik sebanyak 273 Bintara PK TNI AD dengan pangkat Sersan Dua (Serda) serta diambil Sumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Jenderal bintang dua ini dalam amanatnya mengucapkan selamat kepada 273 orang mantan siswa Dikmaba TNI AD yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pembentukan tahap pertama.

Bekal pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama pendidikan pembentukan ini, masih merupakan pengetahuan dan keterampilan dasar kemiliteran.

“Jangan merasa puas diri apa yang telah dicapai. Ingat, tantangan dan tuntutan tugas TNI Angkatan Darat ke depan akan semakin berat dan kompleks, sehingga membutuhkan prajurit yang profesional dalam bidang tugasnya, berdisiplin tinggi, serta memiliki semangat pengabdian dan jiwa kejuangan yang tinggi,” tegas Pangdam IM.

Jenderal bintang dua ini meminta untuk bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi bagian dari solusi bukan bagian dari masalah.

“Prajurit dimanapun bertugas harus bisa menjadi bagian dari solusi, bukan menjadi bagian dari masalah dan bermanfaat bagi masyarakat. Jadikan kehadiran kita ditunggu-tunggu oleh rakyat,” kata Pangdam IM dalam amanatnya.

Dikmaba TNI AD tahun 2021 kali pertama melaksanakan latihan bersama Polri. Selain itu, upacara penutupan Dikmaba TNI AD ini juga dilakukan kali pertama di lapangan Blangpadang Kota Banda Aceh.

“Ada 70 persen pemuda asal Aceh yang kami lantik hari ini, sehingga menjadi suatu kebanggaan dan kehormatan bagi masyarakat Aceh dan orang tua yang datang menyaksikan upacara penutupan Dikmaba TNI AD di Blangpadang Kota Banda Aceh,” kata Pangdam IM.

Sesuai petunjuk dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, TNI Angkatan Darat (AD) akan membuka rekrutmen khusus bagi santri.

“Kodam Iskandar Muda akan merekrut santri-santri yang ada di Aceh sesuai ketentuan-ketentuan yang ada,” kata Pangdam IM.

Usai upacara selesai, Pangdam dan Wakapolda dan Ketua DPRA mempeusijuek mantan siswa Dikmaba TNI AD.

Selanjutnya, Pangdam didampingi Ketua Persit KCK Daerah Iskandar Muda, Ny. Ririx Hasan memberikan penghargaan kepada Serda Teuku Aditia Maulida sebagai lulusan terbaik pertama bidang sikap perilaku.

Lalu, Serda Karma Wanda sebagai lulusan terbaik ilmu pengetahuan dan Serda Nuril Huda lulusan terbaik jasmani.

Acara tersebut juga diisi dengan kegiatan bakti sosial yakni Donor darah dan vaksinasi COVID-19 dan penampilan yel-yel yang dipersembahkan langsung oleh mantan prajurit siswa TNI AD.(adv/red)

Share :

Baca Juga

Daerah

Sinergitas Bersama, Kapolres Ketapang, Sekda serta Dandim Kompak Pimpin Apel Gabungan Kesiapsiagaan Karhutla

Daerah

Babinsa Koramil 04/Peudada Peduli Kesehatan Para Lansia Di Daerah Binaan

Internasional

Tinjau Venue PON di Mimika, Kapolri Pastikan Pengamanan dan Prokes

Tni-Polri

Polda Aceh Akan Gelar Bhayangkara Fest 2023 di Balai Meuseraya Banda Aceh

Tni-Polri

Pangkostrad Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana Taruna/Taruni Akademi Militer

Daerah

Polres Bireuen Gelar Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke – 78

Tni-Polri

Sapa Pengungsi Banjir Bandang Sumbar, Ketum Bhayangkari Hibur Anak-anak Pengungsi

Daerah

Polda Sumut Gagalkan Penyelundupan 50 Kilogram Sabu Asal Aceh