Home / Pemerintah

Kamis, 24 Maret 2022 - 12:21 WIB

Wabup Abdya Gelar Forum Konsultasi Publik Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Abdya Tahun 2023 dan Pembukaan Musrenbang Kecamatan Tahun 2022

REDAKSI - Penulis Berita

Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT saat membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik dalam rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Abdya tahun 2023 di Aula Bappeda Abdya

Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT saat membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik dalam rangka Penyusunan RKPD Kabupaten Abdya tahun 2023 di Aula Bappeda Abdya

Abdya – Kegiatan Forum Konsultasi Publik berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 dan pembukaan Musrenbang Kecamatan tahun 2022. Kamis, (24/3/2022).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh, Wakil Bupati Abdya Muslizar MT, Sekda Abdya Salman Alfarisi, Julinardi Perwakilan DPRK, Waka Polres Abdya Kompol Muhayat Effendie, Perwakilan Dandim 0110/Abdya, Perwakilan Kajari Abdya, Para Camat, Para kepala SKPK, Tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Kepala Bappeda Abdya, Firmansyah,ST pada kegiatan tersebut melaporkan, Dasar pelaksanaan Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional, Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah sebagaimana telah beberapa kali di ubah terahir dengan Undang-Undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kesu atas Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Peraturan Menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah, serta tata cara oerubahan rencana pembangunan jangka panjang, rencana pembangunan jangka menengah dan rencana kerja pemerintah daerah.

Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Abdya ini di maksudkan untuk memenuhi tahapan dalam penyusunan RKPD Kabupaten Abdya tahun 2022 sesuai ketentuan permendagri 86 tahun 2017.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukan dan saran penyempurnaan dalam penyusunan dokumen rancangan awal RKPD Abdya tahun 2022. Adapun hasil yang ingin dicapai iyalah, tersedia bahan masukan yang dibahas bersama kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan guna penyempurnaan rancangan awal RKPD Abdya tahun 2023,” jelasnya.

Selanjutnya dikatakan, perlu kami sampaikan bahwa tema rencana kerja pemerintah Kabupaten Abdya tahun 2022 adalah, “Percepat an pertumbuhan ekonomi inklusif, penguatan sistem kesehatan dan sosial”.

Dari tema tersebut tersusunlah 6 prioritas pembangunan tahun 2023 yakni, meningkatkan pertumbuhan ekonomi inklusif yang berkualitas dan berkeadilan, Memperkuat infrastruktur yang mendukung pengenbangan ekonomi, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dalam bingkai syariat islam dan budaya Aceh, perceptan pemulihan ekonomi masyarakat dan penguatan perlindungan sosial, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing serta peningkatan kualitas pelayanan publik daerah.

Sementara itu, Wakil Bupati Abdya Muslizar MT dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan, kami atas nama pemerintah Kabupaten Abdya mengapresiasi kegiatan pada hari ini. Semoga harapan kita membangun Kabupaten Aceh Barat Daya yang lebih sejahtera dapat terwujud melalui Forum Konsultasi Publik ini.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Forum Konsultasi Publik merupakan rancangan awal dari RKPD Kabupaten Abdya tahun 2023 dengan tujuan untuk mendapatkan masukan dari semua pemangku kepentingan sebagai bahan penyempurnaan dari tahap rancangan awal RKPD Abdya tahun 2023 hingga menjadi RKPD Abdya tahun 2023.

Lebih lanjut dijelaskan, Forum Konsultasi Publik ini juga memiliki nilai strategis dalam rangka pengimplementasian poinpoin penting yang terkandung dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten (RPJMK) Abdya tahun 2017-2022 sebagaimana telah dilakukan perubahan. Tahun 2022 yang merupakan tahun ke-lima atau tahun terakhir pelaksanaan RPJMK Abdya tahun 2017-2022 dalam upaya pencapaian visi “Bersama Kita Wujudkan Aceh Barat Daya yang Sejahtera dan Islami’.

“Maka di masa terakhir ini, tentunya kita lebih melakukan penajaman pemikiran dan analisa mendalam untuk dituangkan dalam dokumen rancangan awal RKPD Abdya Tahun 2023, sehingga diharapkan adanya komitmen kesinambungan atau konsistensi pelaksanaan dokumen perencanaan,” ujar Muslizar.

Wabup Abdya juga berharap kepada semua unsur yang hadir untuk dapat memberi masukan terhadap tema dan prioritas pembangunan, sasaran dan arah kebijakan yang telah dituangkan dalam rancangan awal RKPD Abdya Tahun 2023 sehingga menjadi lebih sempurna.

Kemudian berkenaan dengan rencana pelaksanaan Musrenbang Kecamatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dan telah diakomodir dengan seluruh usulan prioritas gampong yang telah diselaraskan dengan prioritas pembangunan sebagaimana tertuang dalam rancangan awal RKPD Abdya Tahun 2023 ini.

Oleh karena itu kami sangat berharap kepada
Bappeda, mari kawal terus semua tahapan perencanaan pembangunan mulai dari skala kecil yakni tingkat gampong, agar sesuai dengan harapan dan prioritas pemerintah di tahun 2023.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, kami himbau kepada seluruh SKPK agar lebih interaktif memperhatikan dan menanggapi dengan detail penyampaian masalah-masalah dari Musrenbang Gampong melalui Musrenbang Kecamatan sehingga nantinya dapat dirancang ke dalam sebuah kebijakan teknis yang efektif dan efisien sesuai dengan kapasitas dan kemampuan keuangan daerah,” Demikain Pungkasnya.

Perlu diinformasikan bahwa Pembukaan Musrenbang Kecamatan tahun 2022 yang direncanakan pada tanggal 28 Maret sampai dengan 30 Maret 2022 di masing-masing Kecamatan.

Tanggal 28 Maret 2022 Kecamatan Setia, Jeumpa dan Babahrot, Tanggal 29 Maret Kecamatan Tangan- Tangan, Susoh dan Kuala Batee, Tanggal 30 Maret Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng dan Blangpidie. (RED)

Share :

Baca Juga

Aceh Besar

Diwakili Staf Ahli, Pj Bupati Buka Pelatihan Peningkatan SDM Amil Baitul Mal Aceh Besar 2023 

Parlementarial

Profil Ketua DPRA Zulfadhli, A.Md

Aceh Besar

Pj Bupati Aceh Besar Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi

Pemerintah

Gubernur Jawa Barat Ajak Ulama dan Tokoh Masyarakat Kota Banjar Jaga Kondusivitas di Tahun Politik

News

Asisten III Sekda Aceh Iskandar: Pemimpin yang Baik, Lahir dari Pengikut yang Baik 

Daerah

Pererat Tali Silaturrahmi, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Aceh Selatan Gelar Outbond

Pemerintah

Kado Penghujung Tahun bagi Warga Jabar, Masjid Raya Al Jabbar Diresmikan Pekan Depan

Pemerintah

Buka Konferensi Islam Tingkat ASEAN ke-2, Wapres Tegaskan : Umat Terbaik Kunci Hadapi Tantangan Global