Home / Nasional / News

Jumat, 1 April 2022 - 11:21 WIB

Bakamla Gelar Latihan Kesiagaan Pengamanan Kapal 

REDAKSI - Penulis Berita

Jakarta – Badan Keamanan Laut (Bakamla) menggelar latihan perawatan dan pencegahan korsleting listrik di kapal patroli RHIB dan Catamaran di Dermaga Pangkalan Armada Serei, Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Pada Kamis (31/3/2022).

“Diharapkan seluruh peserta dapat memahami langkah-langkah dalam pengoperasian, perawatan, pencegahan dan tindakan penanggulangan bahaya kebakaran akibat korsleting listrik,” ujar Direktur Latihan Laksamana Pertama (Laksma), Bakamla Suwito, melalui sambutan yang dibacakan Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas membuka latihan tersebut.

Menurut Suwito, salah satu keberhasilan operasi selain dari efektifnya hasil operasi, perlu diperhatikan juga faktor keselamatan personel dan materil. Sehingga diperlukan pengetahuan kemampuan dan keahlian khusus bagi personel kapal agar dapat merawat, mencegah dan menanggulangi permasalahan di kapal.

Hadir sebagai pengajar dari PT. Palindo Marine ST Electrical Engineer, Hasan, dan Electrical/Techniciant Safety, Cecep Octavian. Adapun materi yang diberikan tentang tindakan pencegahan terjadinya arus pendek (korsleting) dihadapkan dengan posisi tangki bahan bakar berdekatan yang dapat memicu adanya kebakaran.

Pelatihan itu diikuti oleh 2 personel Catamaran-506, 2 personel Catamaran-502, 1 personel Catamaran-507, 6 personel RHIB 87-02, 2 personel RHIB 87-04, 2 personel 87-06, dan 1 personel Kantor Kamla Zona Maritim Tengah.(inp)

Share :

Baca Juga

Daerah

Pangdam IM Pelopori Budidaya Udang Vaname Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Nasional

Baitul Mal Banda Aceh Gandeng LinkAja Syariah, Jemput ZIS di 8 Lokasi

News

Turut Merasakan Kesedihan, Puluhan Abang Becak Kota Banda Aceh Sambangi Kediaman Mertua Ngoh Muchlis di Montasik

Daerah

Kadis Perhubungan Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum pertama di Aceh

Nasional

Integrasi Aplikasi Digital SSDM Polri akan Tingkatkan Pelayanan dan Kepercayaan Publik terhadap Polri

News

Gubernur dan Sekda Ikuti Launching Sinergitas Pengelolaan Bersama MCP 2021

News

Pemerintah Aceh Siap Capai Target MCP Tahun 2024

Nasional

Hadiri Peletakan Batu Pertama Islamic Center PERSIS, Kapolri Yakin Hasilkan SDM Berkualitas