Home / Pendidikan

Rabu, 20 April 2022 - 03:58 WIB

Peringati Nuzulul Quran Tahun 1443 H, Penceramah Sampaikan Hal Ini

REDAKSI - Penulis Berita

Tgk. H. Afriyal Hidayat Lc, MA saat memberikan tausiah di Mesjid Agung Baitul Ghafur, Kabupaten Abdya.

Tgk. H. Afriyal Hidayat Lc, MA saat memberikan tausiah di Mesjid Agung Baitul Ghafur, Kabupaten Abdya.

Aceh Barat Daya – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memperingati Nuzulul Quran Tahun 1443 H di Masjid Agung Baitul Ghafur, pada Selasa malam (19/4) pukul 20.00 Wib Kabupaten setempat. Rabu, (20/4/2022).

Pada kegiatan tersebut, Tgk. H. Afriyal Hidayat Lc, MA dalam tausiahnya menjelaskan secara singkat tentang sejarah turunnya Al-Quran, serta mukjizat yang terkandung didalamnya. Ia menyebutkan, sejarah turunnya Al-Quraan tersebut berkaitan dengan acara Nuzulul Quran yang selalu kita peringati pada tiap malam 17 Ramdhan seperti malam ini.

“Malam 17 Ramadhan merupakan malam pertama kali turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Itulah sebabnya setiap 17 ramadan kita memperingati Nuzulul Quran dan malam ini adalah malam yang istimewa, sudah seharusnya kita dapat menjadikan malam ini sebagai momentum untuk semakin dekat dan mencintai Al-Quran ” Sebutnya.

Selanjutnya disampaikan, selain mengupas sejarah singkat turunnya Al-Qur’an, Ustad Hidayat juga menjelaskan, tentang Al-Quran yang memiliki mukjizat. Allah SWT memberikan mukjizat tersembunyi dan kekal di dalam Al-Quran.

“Al-Quran tak pernah hilang sampai akhir zaman dan bagi siapa pun yang membaca satu huruf saja dari Al-Quran, Rasulullah SAW, mengatakan, Allah akan balas baginya dengan tiga puluh kebaikan,” Ujar Ustad.

Lebih lanjut, Ustad Hidayat mengharapkan kepada seluruh masyarat Abdya, agar dapat menjadikan malam penuh berkah ini sebagai peringatan untuk kembali menjadikan Al-Quran sebagai gaya hidup di akhir zaman.

Mari kita arahkan kembali anak-anak kita untuk membaca dan mencintai Al’Quran, agar kita menjadi keturunan yang selalu di berikan keberkahan dan kebaikan dunia akhirat. Kemudian, Peringatan Nuzulul Quran kali Ini pun harus menjadi momentum untuk memotivasi umat Islam agar kembali membaca, menelaah dan memahami kandungan Al Qur’an.

“Karena Al Quran tidak hanya berisi sejarah atau aturan hukum dan moral saja, melainkan juga terdapat kajian ilmiah, isyarat alam dan ilmu pengetahuan modern yang dapat difungsikan sebagai pedoman dalam menata kehidupan kita yang lebih baik,” Pungkasnya. (RED)

Share :

Baca Juga

Daerah

Kadis Pendidikan Dan kebudayaan Aceh Timur Himbau Dan Pesan Kepada kepala Sekolah Rawan Banjir

Pendidikan

Anggota Dikyasa Satlantas Polres Ketapang Ajak Pelajar SMPN 03 Tertib Berlalu Lintas

Pendidikan

Wakil Presiden Hadiri Pengukuhan Guru Besar Siti Nur Azizah

Pendidikan

Disdik Aceh Gelar Sosialisasi Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Bebas Melayani

Pendidikan

Gelar Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah, Kejati Aceh Kunjungi SMA 1 Idi Aceh Timur

News

Siti Nadia : Cegah Learning Loss, Disdik Aceh Harus Persiapkan Pembelajaran Tatap Muka

Pendidikan

Ini Pesan Ridwan Kamil kepada Lulusan FTMD ITB

Pendidikan

Wujudkan Kepedulian terhadap Pendidikan, Satgas Pamtas Yonif 645/GTY Bantu Menjadi Tenaga Pendidik Di SD Perbatasan