Home / Pendidikan

Rabu, 20 April 2022 - 03:58 WIB

Peringati Nuzulul Quran Tahun 1443 H, Penceramah Sampaikan Hal Ini

REDAKSI - Penulis Berita

Tgk. H. Afriyal Hidayat Lc, MA saat memberikan tausiah di Mesjid Agung Baitul Ghafur, Kabupaten Abdya.

Tgk. H. Afriyal Hidayat Lc, MA saat memberikan tausiah di Mesjid Agung Baitul Ghafur, Kabupaten Abdya.

Aceh Barat Daya – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memperingati Nuzulul Quran Tahun 1443 H di Masjid Agung Baitul Ghafur, pada Selasa malam (19/4) pukul 20.00 Wib Kabupaten setempat. Rabu, (20/4/2022).

Pada kegiatan tersebut, Tgk. H. Afriyal Hidayat Lc, MA dalam tausiahnya menjelaskan secara singkat tentang sejarah turunnya Al-Quran, serta mukjizat yang terkandung didalamnya. Ia menyebutkan, sejarah turunnya Al-Quraan tersebut berkaitan dengan acara Nuzulul Quran yang selalu kita peringati pada tiap malam 17 Ramdhan seperti malam ini.

“Malam 17 Ramadhan merupakan malam pertama kali turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Itulah sebabnya setiap 17 ramadan kita memperingati Nuzulul Quran dan malam ini adalah malam yang istimewa, sudah seharusnya kita dapat menjadikan malam ini sebagai momentum untuk semakin dekat dan mencintai Al-Quran ” Sebutnya.

Selanjutnya disampaikan, selain mengupas sejarah singkat turunnya Al-Qur’an, Ustad Hidayat juga menjelaskan, tentang Al-Quran yang memiliki mukjizat. Allah SWT memberikan mukjizat tersembunyi dan kekal di dalam Al-Quran.

“Al-Quran tak pernah hilang sampai akhir zaman dan bagi siapa pun yang membaca satu huruf saja dari Al-Quran, Rasulullah SAW, mengatakan, Allah akan balas baginya dengan tiga puluh kebaikan,” Ujar Ustad.

Lebih lanjut, Ustad Hidayat mengharapkan kepada seluruh masyarat Abdya, agar dapat menjadikan malam penuh berkah ini sebagai peringatan untuk kembali menjadikan Al-Quran sebagai gaya hidup di akhir zaman.

Mari kita arahkan kembali anak-anak kita untuk membaca dan mencintai Al’Quran, agar kita menjadi keturunan yang selalu di berikan keberkahan dan kebaikan dunia akhirat. Kemudian, Peringatan Nuzulul Quran kali Ini pun harus menjadi momentum untuk memotivasi umat Islam agar kembali membaca, menelaah dan memahami kandungan Al Qur’an.

“Karena Al Quran tidak hanya berisi sejarah atau aturan hukum dan moral saja, melainkan juga terdapat kajian ilmiah, isyarat alam dan ilmu pengetahuan modern yang dapat difungsikan sebagai pedoman dalam menata kehidupan kita yang lebih baik,” Pungkasnya. (RED)

Share :

Baca Juga

News

Kadisdik Aceh Ungkap Rasa Bangga dan Haru Kepada PDBK

News

Disdik Aceh Gelar Lomba Aceh Marching Band Championship-VI Tahun 2021

Pendidikan

MAN Abdya Gelar AESCO ke-4

News

Polda Aceh dan BPP HIPMI Sediakan 10 Paket Umrah Pada Vaksinasi Hari Pahlawan

Pendidikan

Walkot Dumai Berikan Apresiasi Kepada Para Guru dan Ribuan Siswa/i Yang Mengikuti Wisuda Tahfiz Qur’an

Pendidikan

Kasat Binmas Polres Majalengka Berikan Binluh Mengenai Kenakalan Remaja Dan Tata Tertib Berlalu Lintas

Daerah

Pegawai Disdik Aceh Deklarasi Komitmen Penerapan Zona Integritas

Daerah

Kadisdik Tekankan Pesan Mulia Himne Aceh pada Pembukaan Rakor DAK Fisik SMA dan SLB