Home / News

Sabtu, 7 Mei 2022 - 17:14 WIB

Betulkah Perempuan dan Wanita Itu Berbeda?

REDAKSI - Penulis Berita

Sekilas, kata perempuan dan wanita adalah hal yang sama. Gak ada bedanya. Tapi kalau kamu lihat di Kamus Besar Bahasa Indonesia, terutama versi daring, ada perbedaan di antara keduanya.

Pada KBBI daring, perempuan merujuk pada aspek biologis. Perempuan adalah orang (manusia) yang mempunyai puki, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak, dan menyusui. Sedangkan wanita berarti perempuan dewasa.

Pemilihan penggunaan kata perempuan atau wanita pun kerap diperdebatkan. Ada yang bilang, menggunakan kata perempuan lebih terhormat daripada wanita. Karena kata empu pada perempuan berarti mulia atau mahir.

Sementara, kata wanita mulanya berakar dari etimologi Jawa. Wanita diambil dari frasa wani ditata atau berani diatur. Karena, konon, sifat dasar wanita di tanah Jawa pada masa tersebut cenderung tunduk dan patuh pada lelaki. Makanya, perempuan jadi terkesan lebih terkesan mulia.

Perempuan dan wanita, mana yang lebih mulia?

Jurnal berjudul Perempuan Atau Wanita? Perbandingan Berbasis Korpus Tentang Leksikon Berbias Gender karya Susi Yuliawati dari UNPAD mengungkapkan tentang perempuan dan wanita menurut preferensi semantis.

“Makna perempuan dan wanita berdasarkan data penggunaannya yang nyata berdasarkan preferensi semantis, tidak hanya dengan menunjukkan kesamaan kategori semantis, tetapi juga perbedaan di antara kedua kata itu. Berdasarkan pola penggunaannya, kedua kata itu kerap diperbincangkan dalam kaitannya dengan empat hal, yaitu fungsi tubuhnya sebagai pemenuh kebutuhan reproduksi; hubungannya dengan laki-laki dan keluarga; serta usia.”

Kategori semantis yang membedakan kedua kata tersebut adalah perihal isu kesetaraan, hak dan kegiatan keorganisasian, serta reproduksi. Kata perempuan dikaitkan dengan isu kesetaraan, hak, dan keorganisasian, sedangkan kata wanita dihubungkan dengan reproduksi.

Kata perempuan cenderung digunakan untuk melambangkan perempuan dalam perannya yang gak cuma di ranah domestik, tetapi juga di ranah publik. Sedangkan kata wanita lebih banyak digunakan untuk melambangkan perempuan dengan perannya di ranah domestik.

Baca Juga :  Cold Storage Sudah Berjalan Selama 1 Tahun, Dirjend PSDKP: Pengelolaan Sepenuhnya Dikelola DKP Aceh

Jadi, setelah kamu tahu perbedaannya, buat para kaum hawa, kamu lebih suka dipanggil perempuan dan wanita, nih?

Sumber : Neo Daily

Share :

Baca Juga

News

Flower Aceh : Peringatan Hari International Women’s Day

Daerah

Kasad Terima Gelar Kehormatan Pangeran Ulubalang Penyege Negeri

Daerah

Kalapas Tondano Berikan Reward Kepada Pegawai Teladan

Nasional

Pemerintah Tingkatkan Penanganan dan Mitigasi Potensi Lonjakan Omicron

Daerah

Usai Zikir dan Doa Bersama, Sekda Aceh Sapa Guru SMA di Kabupaten/Kota

Nasional

Vaksinasi Lanjutan Dimulai, Indonesia kembali Kedatangan 6 Ribu Dosis Vaksin Sinovac

Daerah

Miris Prapora III Futsal 2021,AFA Akan Digugat Ke Baori

Daerah

Syech Fadhil Sesalkan Pemerintah Aceh Hentikan Premi JKA per 1 April