Home / Pendidikan

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:17 WIB

Seribuan Siswa Ikut Lomba Mewarnai Dipergelaran HUT Abdya Ke-20

REDAKSI - Penulis Berita

Ribuan siswa yang terdiri dari sekolah TK dan SD ikut lomba mewarnai di perhelatan HUT Abdya ke-20

Ribuan siswa yang terdiri dari sekolah TK dan SD ikut lomba mewarnai di perhelatan HUT Abdya ke-20

Aceh Barat Daya – Siswa tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) sederajat mengikuti lomba mewarnai yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten setempat yang ke-20. Siswa tersebut diperkirakan sekitar 1.500 orang. Selasa, (17/5/2022)

Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT pada kesempatan tersebut mengatakan, direncanakan setiap peringatan HUT Abdya, pemerintah akan melaksanakan kegiatan perlombaan dan pameran untuk memeriahkan kegiatan di HUT selanjutnya.

“Pada HUT Abdya yang Ke-20 ini, dinamika politik di Abdya mulai membaik dan ekonomi pun juga sudah baik,” Sebut Wabup.

Selanjutnya dikatakan, ini merupakan ulang tahun emas ke-20 Kabupaten Abdya dan yang terakhir bagi kami Pemerintahan Akmal – Muslizar dalam memimpin Kabupaten Abdya dan dibulan agustus nanti kami akan mengakhiri jabatan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Abdya.

“Terimakasih yang setinggi-tingginya kepada para ASN yang telah memberikan dukungannya kepada kami selama lima tahun ini, sehingga roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik,” Ujar Wabup.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Jauhari SPd menuturkan, peserta yang mengikuti lomba mewarnai dimaksud merupakan siswa TK dan SD sederajat. Terdapat sekitar 500 siswa TK yang telah mendaftar sebagai peserta dan sekitar 1.000 siswa tingkat SD sederajat. Pelaksanaan lomba yang berlangsung di jalan dua jalur kompleks Perkantoran Pemkab Abdya itu mendapatkan perhatian khusus dari pihak sekolah hingga wali murid. Apalagi ajang perlombaan mewarnai itu sangat banyak manfaatnya bagi peserta didik.

Lebih lanjut Jauhari mengatakan, hari jadi Abdya merupakan hari yang bersejarah bagi seluruh warga Abdya, sehingga momen itu sangat penting untuk diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya kalangan pelajar. Maka dari itu, dia meminta agar momen itu dijadikan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan perjuangan dan terus berkarya demi kemajuan daerah. Bagi peserta didik, berkarya dalam hal pendidikan sudah sangat membantu dalam memajukan daerah serta menjadikan daerah yang memiliki daya saing dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan potensi anak terutama dibidang kreativitas dan juga dapat membuat anak bisa mengembangkan diri mereka melalui menggambar serta mewarnai. Dilihat dari segi kretivitas para peserta tidak diragukan lagi, bahkan mereka memiliki potensi terpendam, terlebih peserta yang datang tersebut rata-rata didampingi oleh dewan guru juga keluarganya.

“Orang tua sudah melihat sendiri kreativitas anaknya, kita harapkan para orang tua dapat membantu mengembangkan serta mendukung dalam hal positif demi meningkatkan daya pikir dan imajinasi anak,” Ungkapnya.

Ada beberapa manfaat menggambar dan mewarnai bagi anak diantaranya, dapat mengembangkan keterampilan motorik halus. Keterampilan motorik halus mencakup semua gerakan khusus tangan, pergelangan tangan dan jari. Anak memegang alat tulis menjadi salah satu cara terbaik meningkatkan keterampilan motorik halus. Dapat mengembangkan analisis visual anak.

“Sebab, seusia itu mereka belum terlalu paham mengenai beberapa konsep yang mungkin dianggap remeh orang dewasa, seperti jarak, perbandingan ukuran, dan perbedaan tekstur. Dengan menggambar, anak punya kesempatan mempelajari konsep-konsep ini dengan cara disengaja,” Pungkas Wabup. (RED).

Share :

Baca Juga

Pendidikan

Disdik Aceh Lepas 3 MTU ke Sejumlah Kabupaten/kota, Ini Tujuan Kadisdik Aceh

Pendidikan

Tahun Ajaran 2022/2023, SMA Negeri 1 Abdya Lepas 194 Siswa

Nasional

4L dan SIAP, Pesan Penting Menkumham Yasonna kepada Wisudawan Poltekip/Poltekim

News

Penerima Beasiswa Pemerintah Aceh Telah Diumumkan

Pendidikan

SD Negeri 20 Pembagian Rapor Di Halaman Sekolah

News

Kadisdik Aceh Ungkap Rasa Bangga dan Haru Kepada PDBK

Pendidikan

Pesan Ridwan Kamil kepada Lulusan MNC University: Jemput Ekonomi Baru Lewat Teknologi

Pendidikan

Ketua BKAD Kecamatan Jangka, H Fauzi : Pelatihan Siskeudes Penting