Home / Pemerintah

Senin, 6 Juni 2022 - 16:33 WIB

Camat Susoh Gelar Sosialisasi Transformasi UPK Eks PNPM Menjadi BUMDESMA

REDAKSI - Penulis Berita

Camat Susoh, Zulfan saat sambutan pada kegiatan Sosialisasi Tranformasi UPK Eks PNPM menjadi BUMDESMA di Aula Bappeda Abdya

Camat Susoh, Zulfan saat sambutan pada kegiatan Sosialisasi Tranformasi UPK Eks PNPM menjadi BUMDESMA di Aula Bappeda Abdya

Aceh Barat Daya – Sosialisasi ini digelar ditingkat Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dalam sosialisasi tersebut membentuk Tranformasi Dana Bergulir Masyarakat (DBM) Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Eks. PNPM Mandiri pedesaan menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA). Senin, (6/6/2022).

Kegiatan tersebut di gelar di Aula Bappeda Abdya, juga turut dihadiri oleh, Camat Susoh Zulfan, Kepala Inspektorat Abdya, Salman SH, Kabid DPMP4 Abdya, TA PMD Abdya, Fitriadi SE, Para Keuchik dalam Kecamatan Susoh, Para Tuha Peut Gampong dalam Kecamatan Susoh, Perwakilan Tokoh Perempuan dan tamu undangan lainnya.

Camat Susoh, Zulfan dalam sambutannya menjelaskan, masalah BMD dalam 29 Desa di Kecamatan Susoh cobalah kita kembangkan menurut zona daerahnya, jadi Alhamdulillah jawaban Keuchik waktu itu semua sepakat tapi pelaksanaannya tidak. Tapi ada Desa yang mengangkat derajat Kecamatan Susoh yang BUMG nya sudah berjalan dan PAD nya ada di Desa tersebut.

Selanjutnya, dengan adanya kita bekerjasama dengan UPK ini sangat menarik, dimana simpan pinjam yang selama ini dikelola oleh pihak UPK itu sukses. Disini kami juga memberitahukan kepada Keuchik, bahwa bekerjasama antara Desa dengan UPK ini sangat bagus.

“Jadi mudah-mudahan masalah BUMDESMA ini bisa berjalan lebih dengan baik kedepanya,” Sebut Camat.

Lebih lanjut dikatakan, berdasarkan surat dari Bupati Abdya menyebutkan, bahwa dari Gampong menanamkan modal ke UPK manimal nya 5 juta rupiah per Desa. Jadi kita punya dana sebanyak 145 juta dari 29 Desa untuk UPK.

“Kami harapkan kepada seluruh Keuchik di 29 Desa dalam Kecamatan Susoh harus adalah Desa-Desa yang berubah dan berkembang melalui UPK ini,” Ujar Camat.

Alhamdulillah sekitar sepuluh Desa sudah disahkan sertifikat BUMDES nya oleh Kemenkumham. Jadi dalam hal ini, mengenai BUMDES nanti akan kita adakan rapat musyawarah langkah-langkah apa yang ada di Kecamatan Susoh ini kita gali yang bisa mempercepat dan memperbaiki ekonomi masyarakat nya.

“Kami berharap kepada semua Keuchik, Tuha Peut dan kelompok, nanti akan dipaparkan dan disosialisasi kan tentang masalah UPK ini yang mana belum dipahami bisa ditanyakan nanti,” Pungkas Camat Zulfan. (RED)

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Ditetapkan dalam Prolega 2022, Ketua DPRA Apresiasi Inisiator Perubahan Qanun Aceh Tentang Hukum Jinayat

Pemerintah

Penghargaan Nasional ITWORKS TOP IT Award , 3 kategori disabet Pemkot Denpasar

Nasional

Yasonna Laoly : Bandar Narkoba Harus Dimiskinkan biar Jera

Pemerintah

Tantangan Bangsa Hadapi Radikalisme, Wapres: Teroris Itu Bukan Islam 

Pemerintah

Gelar Bimtek, Diskop dan UKM Aceh Tingkatkan Kapasitas Usaha Bengkel Las

Pemerintah

Wagub Jabar Tegakkan Perda dengan Ramah

Pemerintah

Lubok Batee Wakili Aceh Besar pada Lomba Gampong Tingkat Provinsi Aceh

Advertorial

Pengurus Wilayah Asosiasi Dinas Kesehatan Aceh Dilantik