Home / Politik

Jumat, 16 Desember 2022 - 18:28 WIB

Bincang Bincang Pemimpin Bangsa Indonesia, Poros 98 Gelar Pertemuan

REDAKSI - Penulis Berita

KSINews, Jakarta – Poros 98 mengadakan pertemuan dengan salah satu tokoh exsponen 98 dalam rangka bincang bincang tentang pemimpin kedepan bangsa Indonesia,Pada Kamis (15/12/22).

Poros 98 yang dikomandoi oleh Ketua Umum Poros 98 Parlin Silaen dan didampingi oleh Pembina Poros 98, Daddy Palgunadi ini disambut hangat oleh Bung Eli Salomo di ruangannya.

Dalam pertemuan tersebut Poros membicarakan prihal fenomena Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dan keberadaan organ relawan Calon Presiden (Capres).

Menurut Bung Eli Salomo, kelompok-kelompok relawan pendukung Capres yang gencar berkampanye dan menyatakan dukungannya terhadap figur Capres melalui media massa atau media sosial adalah hal yang wajar dalam sebuah masyarakat yang mengedepankan nilai-nilai demokrasi.

“Itu sah–sah saja. Masyarakat berhak menyuarakan dukungan mereka meski agenda Pilpres masih relatif lama. Bahkan kegiatan berkumpul Gerakan Nusantara Bersatu akhir November lalu juga sah saja,” kata pria yang akrab disapa Elmo ini.

Lebih lanjut, Bung Elmo juga mengomentari kehadiran Presiden Jokowi pada kegiatan Gerakan Nusantara Bersatu yang juga dinilainya sebagai hal yang lumrah.

“Itu juga suatu hal yang lumrah. Pak Jokowi hadir dalam kegiatan itu sebagai kapasitas pribadi. Kebetulan kegiatan itu dilaksanakan pada hari libur akhir pekan (Sabtu, 26/11/2022). Jadi dia datang sebagai kapasitas pribadi, bagian dari masyarakat,” sambungnya.

Menanggapi prihal figur Capres yang muncul dalam wacana publik, Bung Elmo menilai masyarakat tentunya memiliki pertimbangannya masing-masing terkait kepantasan dan kelayakan figur Capres itu di mata mereka. Yang pasti, semua figur Capres yang didukung adalah putra-putri terbaik bangsa.

” Kita butuh pemimpin yang punya skill teknis, visioner dan berwawasan internasional.” Papar bung elmo Menurutnya, krisis global adalah masalah nyata yang dihadapi dunia. Di satu sisi, pembangunan infrastruktur yang dicapai selama pemerintahan Presiden Jokowi bisa menjadi peluang atau beban di periode mendatang.

Baca Juga :  KPU Tetapkan 17 Partai Nasional dan 6 Partai Politik Lokal Aceh Jadi Peserta Pemilu 2024

Tergantung dari lobi pemerintah dalam mendatangkan investor agar perekonomian tumbuh dan infrastruktur yang tersedia menjadi fasilitas yang produktif secara ekonomi.

Kita butuh figur yang memiliki skill dalam mengelola potensi yang kita miliki, dari mulai sumber daya alam hingga sarana infrastruktur yang sudah dibangun selama periode Presiden Jokowi. Artinya, kita juga butuh investor.

Figur pemimpin yang bisa melobi investor internasional sehingga bisa melakukan investasi disini adalah hal yang harus direalisasikan pada periode berikutnya. Kenapa hal ini mendesak? Pertama, krisis global yang tengah dihadapi dunia akan mendorong pergeseran akumulasi modal ke negara-negara berkembang yang ramah investasi.

Kedua, fasilitas infrastruktur yang telah dibangun secara besar-besaran selama periode Presiden Jokowi ini harus menghasilkan nilai ekonomi yang dikapitalisasi melalui kegiatan investasi, selain fasilitas ini tentunya akan menjadi beban dalam hal perawatan,”

Bung Elmo menambahkan, figur pemimpin yang bisa mengelola potensi nasional dan membaca situasi internasional dari sisi geopolitik dan ekonomi adalah yang dibutuhkan bangsa ini. Pemimpin yang berwawasan internasional namun mengedepankan kepentingan nasional yang diimplementasikan melalui skill yang dimiliki menjadi hal penting yang harus dipertimbangkan.

Bung Elmo secara spesifik menyebut sosok Menteri BUMN Erik Thohir sebagai figur yang masuk dalam kriteria pemimpin yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan telah dijabarkan tadi.

“Mungkin sebagai figur Cawapres yang patut didukung? Beliau cukup eksis dan aktif di forum-forum internasional. Selain itu, beliau memiliki skill dalam mengelola BUMN. Artinya sudah jelas, kemampuan dalam melobi di dunia internasional untuk mendatangkan investor dan kemampuan manajerial adalah dua kemampuan yang melekat pada seorang figur Erik Thohir,” terang Bung Elmo sembari menatap semua yang hadir satu-persatu.[]

Baca Juga :  KPU Tetapkan 17 Partai Nasional dan 6 Partai Politik Lokal Aceh Jadi Peserta Pemilu 2024

Editor: Dima

Share :

Baca Juga

Nasional

Masa Kampanye Pemilu 2024 Pertimbangkan Persiapan Logistik

Politik

Insiden 894 Korban Jiwa Petugas Pemilu 2019, AHY: Jangan Terulang Lagi !

Politik

Megawati Soekarnoputri: Yang Utama Adalah Gerak Partai di Tengah Rakyat

Politik

DPD Partai Perindo Kota Dumai Bahas Strategi Pemilu 2024 Bersama DPC Kota Dumai

Politik

Sinergisitas Partai Ummat Dengan Rakyat Aceh

Nasional

Teken MoU, PDIP Jadi Parpol Pertama Daftar Aset Partai ke BPN

Nasional

Megawati : Turun ke Bawah adalah Jalan Efektif Memenangkan Pemilu 2024

Politik

Ketua DPW Partai Ummat Aceh Lantik Pengurus DPD Nagan Raya