Home / Daerah

Sabtu, 15 Juni 2024 - 17:17 WIB

PT PIM Gelar Panen Padi Perdana di Aceh Utara Dukung Ketahanan Pangan Nasional

REDAKSI - Penulis Berita

Lhokseumawe, – PT Pupuk Iskandar Muda (PIM), menggelar panen padi perdana dari lahan seluas satu hektar milik Kelompok Tani (Poktan) Rahmad asal Gampong Ulee Madon, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, pada Sabtu, (15/6).

Adapun pelaksanaan panen perdana tersebut masuk ke dalam rangkaian program Tani Maju Makmur Sejahtera (TAJUMASE) yang digagas oleh PT PIM dengan bekerjasama dengan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Muara Batu.

Vice President Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) & Humas PT PIM, Saiful Rakjab mengatakan program yang dilaksanakan ini merupakan dukungan terhadap pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Dukungan itu, kata Saiful Rakjab, berupa pemberian dukungan kepada para petani, salah satunya melakukan pembinaan terhadap petani agar produksi padi meningkat.

“Pembinaan sudah dilakukan dari awal dimulai dari uji tanah, komposisi penggunaan pupuk, dan pemilihan bibit padi dilakukan dengan cara PT PIM melakukan pendampingan,” katanya.

Saiful berharap dengan program ini dapat meningkatkan produksi padi dengan maksimal dan bisa menjadi percontohan untuk para petani lainnya. Untuk lahan di Desa Ulee Madon diperkirakan keseluruhan lebih kurang 60 hektar. Namun untuk uji coba pihaknya hanya melakukan satu hektar.

Baca Juga :  Peningkatan Hasil Panen, PT PIM Bantu Petani Melalui Program MAKMUR

“Kita menargetkan dalam satu hektar hasil produksi meningkat dari rata-rata yang biasanya 6,8 ton. Jadi itu kita harapkan nanti hasilnya melebihi angka tersebut,” katanya.

Saiful menyebutkan bila program ini berhasil, PT PIM berkomitmen akan terus menjalankan program tersebut dan bahkan juga diusahakan untuk dikembangkan untuk kelompok tani lain yang ada dalam wilayah kerja perusahaan.

“Kami berharap kedepan pembinaan ini juga dapat dilakukan kepada petani yang berada di kecamatan lainnya,”katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Siti Aisyah Br Ginting mengucapkan terimakasih kepada PT PIM dikarenakan bukan pertama kali program seperti ini difasilitasi oleh perusahaan tersebut.

“Alhamdulillah, PT PIM kembali memfasilitasi pupuk NPK untuk luas lahan satu hektar. Dimana nanti diharapkan produktivitas selama ini di Desa Ulee Madon mencapai 6,5 – 6,8 ton hasil panen bisa 8-9 ton per hekatare, karena ada juga di Kecamatan Kuta Makmur sudah difasilitasi PT PIM mencapai 9 ton per hektar.,” katanya.

Baca Juga :  Sosialisasi ETLE , Personil Satlantas Polresta Bandung Foto Pelanggar Pakai Ponsel

Siti mengatakan seperti dilihat hasilnya melebihi dari capaian sebelumnya. Maka itu nantinya hal ini bisa diteruskan melalui pendampingan penyuluh sehingga teknologi yang disampaikan PT PIM bisa dicontohkan oleh petani lainnya.

Ucapan terimakasih juga diucapkan kepada PT PIM oleh Camat Muara Batu, Munawir. Dirinya berharap dengan difasilitasi ini dapat meningkatkan hasil produksi panen padi di Gampong Ulee Madon.

“Jadi kami berharap kepada pimpinan daerah dan provinsi mudah-mudahan ada perhatian ke depan dimana target produksi padi bisa bertahan ataupun terus menambah. Dikarenakan kegiatan ini bentuk dukungan dalam program ketahanan pangan nasional yang dicanangkan oleh Pemerintah dengan tujuan mensejahterakan para petani,”pungkasnya.

Kegiatan panen padi perdana di hadiri Vice President Tanggung Jawab Sosial Lingkungan TJSL& Humas PT PIM, Saiful Rakjab, Jajaran VP dan AVP PIM,Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Siti Aisyah Br Ginting, Bappeda Aceh Utara diwakili oleh Irfan, Camat Muara Batu, Munawir, Kapolsek Muara Batu, AKP Ali Akbar dan Danramil 04 Muara Batu, Lettu Jamidin. []

Editor: Deddi

Share :

Baca Juga

Daerah

Secara Virtual, Kanwil Kalbar Ikuti Apel Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan Pelepasan Mudik Bareng Kemenkumham Tahun 2023

Daerah

Pertama di Tanah Air, Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya

Daerah

Kakanwil Kemenkumham Kalbar: Bahaya Judi Online Ancaman Tersembunyi di Era Digital

Daerah

Menyambut Peringatan HBP Ke-59 , Kanwil Kalbar Ziarah dan Tabur Bunga Di TMP Dharma Patria Jaya

Daerah

Wakapolda Aceh Hadiri Rapat Anev Quick Wins Pimpinan Wakapolri

Daerah

Komandan Lapangan : Kesiapan Sirkuit MotoGP Mandalika sudah 100 Persen

Daerah

Kemenkumham Sumsel : Pengeluaran Bupati Muara Enim Nonaktif Kewenangan MA

Daerah

Pangkostrad Tutup dan Sematkan Brevet Cakra Kepada Peserta Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad Gelombang XII TA. 2022