Home / Tni-Polri

Selasa, 9 Juli 2024 - 17:26 WIB

Kasdam IM Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah Bersama Keluarga Besar Kodam IM

REDAKSI - Penulis Berita

Banda Aceh – Keluarga Besar Kodam Iskandar Muda memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah/2024 Masehi di Masjid Babul Mawaddah Makodam IM, Selasa (09/07/24) siang.

Peringatan ini mengusung tema “Jadikan semangat Muharam untuk perubahan yang lebih baik menuju Indonesia Emas 2045″.

Dalam sambutan Pangdam IM yang dibacakan oleh Kasdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M. menyampaikan, peringatan tahun baru Islam 1446 Hijriah yang diselenggarakan ini, pada hakekatnya merupakan sarana untuk mengingat dan mengenang kembali peristiwa penting bagi Umat Islam, yaitu peristiwa Hijrahnya Nabi Besar Muhammad SAW beserta Kaum Muslimin dari Mekkah ke Madinah pada 15 abad yang lalu. Peristiwa ini merupakan tonggak sejarah perjuangan umat Islam dalam mengembangkan Syiar Islam ke seluruh penjuru dunia, sekaligus dijadikan titik awal penentuan kalender Islam.

“Peringatan tahun baru Islam merupakan perwujudan dari keyakinan kita sebagai umat Islam terhadap peristiwa bersejarah dalam kehidupan junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, sehingga diharapkan dapat memperbarui kesadaran keluarga besar Kodam Iskandar Muda untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta menanamkan dan memantapkan kejuangan dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara” ujar Kasdam IM.

Baca Juga :  Kapolda Aceh Hadiri Puncak Pergelaran Bhayangkara Fest 2023

Kesempatan memperingati tahun baru Islam seperti ini, merupakan wahana yang tepat untuk mengevaluasi diri, keluarga dan peran kita sebagai Prajurit dan PNS TNI AD. Mari kita jadikan tahun baru Islam untuk menguatkan tekad, mendorong semangat, menjaga ketulusan dan keikhlasan dalam melaksanakan setiap tugas yang diembankan kepada kita semua.

Sementara itu, tak lupa mengawali ceramahnya, Ustadz Umar Ismail, S.Ag., mengajak jamaah semuanya agar senantiasa selalu bersyukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan kesempatan kepada kita untuk menyambut tahun baru 1446 Hijriyah. Kita berada di awal perjalanan tahun yang baru dalam kalender Islam, sebuah momen yang penuh harapan, kesempatan, dan potensi kesuksesan.

Lanjut, Tahun baru bukan hanya sekedar pergantian angka dalam kalender, melainkan sebuah kesempatan untuk memulai lembaran baru dalam hidup kita. Momennya sangat penting untuk merefleksikan diri, memperbaiki diri, dan mempererat hubungan kita dengan Allah SWT.

Baca Juga :  Ditlantas Polda Aceh Komit Turunkan Angka Kecelakaan

“Tahun baru Islam 1446 H membawa makna yang dalam bagi kita sebagai umat Islam. Dalam memperingati peristiwa hijrah, kita diingatkan akan keberanian, ketabahan, dan kesetiaan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya dalam menegakkan agama Islam. Kejadian besar ini boleh jadi menjadi pembelajaran bagi kita dalam menghadapi setiap rintangan dan tantangan dalam kehidupan”. Tambah Ustadz Umar Ismail, S.Ag.

“Di tahun baru ini, mari kita jadikan hari-hari yang akan datang sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri, meraih kesuksesan dunia akhirat, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan meningkatkan kebaikan dalam semua aspek kehidupan. Mari kita tingkatkan ibadah, amal kebaikan, memperbaiki hubungan dengan sesama, dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan umat manusia,”Tutup Ustadz Umar Ismail, S.Ag.

Turut hadir dalam acara tersebut Irdam IM, Para Pejabat Utama Kodam IM, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam Iskandar Muda.

Share :

Baca Juga

Tni-Polri

Ops Patuh Seulawah, Masyarakat Diimbau Patuhi Aturan Dalam Berlalu Lintas

Tni-Polri

Ditlantas Polda Aceh Komit Turunkan Angka Kecelakaan

Tni-Polri

Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Terima Audiensi dari Kadisbudpar Aceh

Tni-Polri

Pangdam IM membuka Turnamen Ketangkasan Golf Semarak Kemerdekaan Wilayah Kodam Iskandar Muda tahun 2023.

Tni-Polri

Polisi Sita Uang Senilai Rp270 Juta Terkait Kasus Ambruknya RS Regional Aceh Tengah

Tni-Polri

Kapolres Aceh Besar Beserta Personil  Melaksanakan Kegiatan Tes Kesamaptaan Jasmani Berkala

Daerah

Silaturahmi dengan Ulama, Dandim 0111/Bireuen Kunjungi Abu Tumin

Tni-Polri

Banjir Rendam Pemukiman Penduduk di 3 Gampong Kecamatan Samudera