Home / Internasional / Nasional / News

Senin, 28 Februari 2022 - 08:37 WIB

Kontribusi Luar Biasa, Menkumham RI Terima Penghargaan dari Filipina

REDAKSI - Penulis Berita

Jakarta – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI, Yasonna Hamonangan Laoly, menerima penghargaan Kaanib ng Bayan Award dari Presiden Filipina, Rodrigo Duterte.

Hal tersebut disampaikan Menteri Otoritas Pembangunan Mindanao Filipina, Emmanuel Piñol, melalui keterangan tertulis Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang diterima di Jakarta, Senin (28/2/2022).

“Saya mengucapkan selamat atas penghargaan yang diterima Pak Yasonna Laoly. Saya mengapresiasi yang sebesar-besarnya, atas dukungan yang diberikan kepada komunitas warga Filipina di Indonesia,” kata Menteri Otoritas Pembangunan Mindanao Filipina Emmanuel Piñol.

Kaanib ng Bayan atau Ally of the Nation adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Filipina kepada individu dan organisasi di luar Filipina atas kontribusi luar biasa atau signifikan terhadap warga atau komunitas Filipina di luar negeri.

Pemerintah Filipina melalui Komisi untuk Orang Filipina di Luar Negeri atau Commission on Filipinos Overseas (CFO) mengumumkan individu dan organisasi yang dianugerahi Penghargaan Presiden untuk individu dan organisasi Filipina di luar negeri pada 2021.

“Sangat kami apresiasi. Kami menghargai upaya Anda sebagai Asean brother. Saya menjamin ke depan kami akan membalas kebaikan Anda seperti yang Anda lakukan kepada saudara kami di sana,” kata Emmanuel Piñol.

Emmanuel juga mengapresiasi kebijakan yang dijalankan Yasonna Laoly khususnya terkait keimigrasian yang dinilai melindungi dan membantu warga Filipina di Indonesia dalam masa pandemi COVID-19.

Senada dengan itu, Menteri Komunikasi Filipina, Martin Andanar, menyampaikan terima kasih kepada Menkumham Yasonna atas kebijakan keimigrasian di masa pandemi COVID-19 yang sangat memerhatikan sisi kemanusiaan.

“Pandemi telah menyulitkan mereka untuk hidup, dan atas belas kasih serta pengertian dari Menteri Laoly, masa tinggal mereka diberikan dan diperpanjang,” ujar Andanar.

Menurut Andanar, Filipina dan Indonesia sama-sama hadir saat kedua negara tersebut saling membutuhkan dan membantu.

“Asean memberi kita ruang persahabatan dan solidaritas,” katanya.

Negara-negara anggota Asean memiliki tempat aman bagi para pengungsi atas peristiwa yang tidak terlihat, tidak terduga, dan tidak terkendali seperti penyebaran COVID-19.

“Terima kasih Menteri Yasonna Laoly, pemerintah dan rakyat Indonesia,” kata Andanar.

Selain Yasonna Laoly, penerima Kaanib ng Bayan Award ialah Issa Mohammad Ahmad (Yordania), Montero Medical Missions (Amerika Serikat), Philippine Bayanihan Society-Singapore (Singapura) dan Temasek Foundation, Ltd. (Singapura).[inp*]

Share :

Baca Juga

Daerah

Pasca Nataru 2022, Relawan PMI Jember Tetap Siaga

Hukrim

Paket Organ Manusia untuk Desainer Indonesia, Polri dan Interpol Brasil Turun Tangan

Nasional

DPW LPPKI DKI Jakarta Lakukan Restrukturisasi Organisasi, Untuk Maksimalkan Progres

Nasional

Pembinaan Praktik Kedokteran Tindakan Preventif Terjadinya Pelanggaran Disiplin Praktik Kedokteran

Nasional

Pesan Ridwan Kamil : Pemuda Indonesia untuk beradaptasi dan berakselerasi di era ekonomi digital

Nasional

Pemerintah :Tidak Ada Ampun Bagi Perusahaan Pembakar Hutan

Nasional

Di Ikuti 100 Sekolah Se-Jabodetabek, Ini Para Pemenang Festival Tari Ratoeh Jaroe Piala Gubernur Aceh Tahun 2023 di Jakarta

News

Pemerintah Aceh Apresiasi Kehadiran Maskapai Super Air Jet