Home / Daerah / Tni-Polri

Jumat, 22 April 2022 - 11:51 WIB

Dandim 0108/Agara Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seulawah

REDAKSI - Penulis Berita

Kutacane – Dandim 0108/Agara, Letkol Inf Robbi Firdaus, S.E.,M.Si hadiri Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Seulawah tahun 2022 yang di selenggarakan di Mapolres Kabupaten Aceh Tenggara, Jum’at (22/04/22).

Kegiatan itu mengangkat tema Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seulawah 2022, Kita Wujudkan Sinergi Dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat Dalam Perayaan Idhul Fitri 1443 H.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan Wabup Aceh Tenggara, Bukhari mengatakan, Perayaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat. Pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443 H pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada tanggal 29 April dan tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2022.

Polri dengan dukungan dari TNI, Pemerintah Daerah, dan pemangku kepentingan lainnya menyelenggarakan Operasi Ketupat-2022 yang dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 s.d. 9 Mei 2022. Fokus pengamanan adalah 101.700 obyek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun KA, dan bandara. Dalam pelaksanaannya, operasi ini akan melibatkan 144.392 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 87.880 personel Polri, 13.287 personel TNI, serta 43.225 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya. Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.710 Pos Pengamanan dan 734 Pos Pelayanan serta 258 Pos Terpadu.

Baca Juga :  Peringati Maulid, Rumoh Tahfidz Dar El Ilmi Abdya Gelar Perlombaan Diantaranya Tahfidz Quran Juz 29 dan 30

Pelaksanaan pengamanan Idul Fitri ini tentunya tidak terlepas dari kebijakan Pemerintah, melalui Kemendagri Nomor 22 Tahun 2022 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan dari tanggal 19 April sampai dengan tanggal 9 Mei 2022 serta surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemic Covid-19, yang berlaku efektif mulai tanggal 2 April 2022. Dalam kebijakan pemerintah tersebut telah diatur secara khusus ketentuan pelaksanaan kegiatan masyarakat dan perjalanan pada masa pandemi sesuai level asesmen di masing-masing wilayah.

Berdasarkan pantauan kerawanan yang telah dilakukan, terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi antara lain, ancaman terorisme, premanisme, aksi sweeping oleh ormas, kenaikan harga dan kelangkaan bahan pokok, antrian dan kelangkaan BBM, kejahatan konvensional (3C), penyakit masyarakat, konflik buruh terkait THR, balap liar, penyalahgunaan narkoba, petasan, perkelahian antar kelompok/antar kampung, aksi perusakan fasilitas umum, kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Baca Juga :  Peringati Maulid, Rumoh Tahfidz Dar El Ilmi Abdya Gelar Perlombaan Diantaranya Tahfidz Quran Juz 29 dan 30

Oleh karena itu, Operasi “Ketupat-2022” harus dilaksanakan secara optimal. Perjalan mudik maupun balik berjalan lancar, aman dan sehat. Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Idul Fitri 1443 H/tahun 2022 M dengan aman dan sehat, baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya Covid-19. Untuk itu, laksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat.

Kegiatan ini diikuti lebih dari
150 orang diantaranya Wakil Bupati Kabupaten Aceh Tenggara Bukhari, Ketua Pengadilan Kabupaten Aceh Tenggara Fitriadi, SH, MH, Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Tenggara Saifullah SH.MH, Dansub Denpom IM/1-4 Kutacane Kapten Cpm I Dewa Made Putrawan, Sekretaris Dishub Aceh Tenggara Aidil Hakim, SE.MM, Para Kabag, Kasat dan tamu undangan Apel Gelar Pasukan lainnya.(im)

Share :

Baca Juga

Tni-Polri

Pejabat Polda Aceh Hadiri Seminar Nasional Secara Virtual Bahas Polisi Dalam Pusaran Konflik

Daerah

Pemkab Simeulue Minta Telkomsel Percepat Perbaikan Jaringan

Daerah

Aminullah Paparkan Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pada Seminar Nasional Mukernas Senat Mahasiswa se-Indonesia

Daerah

Kakanwil Kemenkumham Aceh,Ajak Songsong Tahun 2022 Yang Lebih Pasti

Daerah

Sosialisasi Entrepreneur Jadi Pengusaha Bagi Mahasiswa Ekonomi USK

Daerah

Di Hadapan Para Santri, Nasir Abbas Akui Terlibat Terorisme Bermula dari Tawaran Gratis ke Afghanistan

Tni-Polri

Pangdam IM mengikuti Apel Gelar Kesiapan Pam Pemilu 2024 TNI AD TA. 2023 tersebar, secara Virtual dengan Kasad.

Daerah

Gelar Diseminasi P2HAM, Kakanwil Harap Seluruh Satker Raih Predikat P2HAM