Home / Nasional / Tni-Polri

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:14 WIB

BNPT : TNI AD Gerakkan Kolaborasi Penanggulangan Terorisme

REDAKSI - Penulis Berita

Jakarta – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), dinilai memiliki peran penting dalam melaksanakan strategi nasional penanggulangan terorisme

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Boy Rafli Amar, mengatakan peran penting TNI AD di antaranya menggerakkan kolaborasi antara para pemimpin TNI dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menciptakan situasi yang aman.

“TNI AD adalah salah satu kekuatan utama yang membantu kami dalam mengerjakan strategi nasional penanggulangan terorisme. Dalam upaya pre-emptif, TNI AD dapat menggerakan kolaborasi unsur-unsur pimpinan TNI di daerah dan Forkopimda dalam menciptakan situasi aman dan menanamkan toleransi di daerah,” jelas Kepala BNPT dalam keterangannya di laman resmi bnpt.go.id terkait Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD 2022 di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Provinsi Jawa Tengah pada Jumat (24/6/2022).

Kegiatan Apel Dansat itu turut dihadiri narasumber Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, dan Kapolri, Listyo Sigit Prabowo.

Lebih lanjut Boy Rafli mengatakan, TNI AD juga dapat terlibat dalam tindakan preventif, penegakan hukum dan kerja sama penanggulangan terorisme.

Peran perbantuan TNI AD kepada BNPT dalam penanggulangan terorisme diharapkan bisa terus dioptimalkan untuk mewujudkan Indonesia yang aman, sejalan dengan pesan Panglima TNI Muhammad Andika Perkasa agar kedua belah pihak harus terus meningkatkan sinergisitas, terutama dalam hal intelijen.

“Beberapa kali saya berkomunikasi dengan Panglima (TNI), Pak Panglima sampaikan agar kita bersinergi memperkuat kegiatan-kegiatan Intelijen dalam menanggulangi ancaman terorisme,” katanya.

Sekedar informasi, 747 peserta mengikuti Apel Dansat yang diisi oleh pembekalan dari para pejabat negara untuk mengoptimalkan kinerja dan kesiapan satuan dalam melaksanakan penugasan di masa mendatang.

“Komandan Satuan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab diharapkan harus memiliki komitmen, niat, tulus, ikhlas dan berani dalam memimpin satuannya,” imbuhnya.(dm*)

Share :

Baca Juga

Tni-Polri

Rindam IM Gelar UpacaraPenutupan Latihan Uji Siap Tempur Tingkat Peleton Kompi Kavaleri 11/WSC TA 2023

Tni-Polri

Soliditas TNI Polri, Polres Aceh Utara Ngopi Bareng di Markas Kodim 0103/AU

Nasional

Kadiv Humas : Polri Berkomitmen Tuntaskan Kasus Kematian Brigadir J

Nasional

Kasad Launching Seragam Baru PDL TNI AD dan Perkenalkan Ambulans Babinsa

Tni-Polri

Personel Ditpolairud Polda Aceh Bagikan Sembako di Rusunawa

Tni-Polri

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Sat Samapta Polres Aceh Barat Gelar Patroli Dialogis

Daerah

Polisi di Bener Meriah Kembali Tangkap Agen Chip Domino

Tni-Polri

Polwan dan Bhayangkari Polda Aceh Salurkan Sembako untuk Korban Banjir